...

Menjadi Pengusaha Sukses Dari Keripik Singkon

25 Oktober 2016 | 16:49:53 Oleh: Disdik

Kesuksesan keripik pedas Maicih dari Bandung, ternyata turut mendorong kemunculan pelaku bisnis serupa yang ingin menjajaki peruntungannya di bisnis keripik singkong pedas. Melihat permintaan pasarnya semakin hari semakin pesat, banyak pemula maupun pelaku bisnis camilan di sekitar Bandung yang ingin menekuni bisnis keripik singkong pedas untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Dari sekian banyak pemain yang bermunculan di sekitar Kota Kembang (Bandung), merek Karuhun merupakan salah satu produk keripik singkong pedas yang belakangan ini mulai mendapatkan respon bagus dari para konsumen. Mengawali bisnisnya karena keterbatasan ekonomi, sang pendiri bisnis keripik singkong Karuhun yaitu Yana Hawiarifin mengungkapkan bahwa awalnya Ia merintis bisnis camilan tersebut karena dorongan ekonomi yang saat itu masih terbilang cukup sulit.

Sempat berjaya menekuni bisnis properti di tahun 1994, pada saat krisis ekonomi melanda Indonesia tepatnya pada tahun 1997-1999 silam, Yana mengalami kebangkrutan usaha sehingga dirinya terpaksa menutup bisnis properti yang sebelumnya menjadi mata pencaharian utama keluarganya. Dari sinilah Yana mulai mencari ide baru untuk merintis peluang usaha yang sekiranya bisa menghidupi keluarga dan keponakan-keponakannya yang saat itu hampir lulus sekolah.

Setelah berdiskusi dengan salah seorang keponakannya, lelaki yang akrab dipanggil Abah ini memutuskan untuk memproduksi keripik singkong pedas dengan cita rasa yang berbeda. Jika keripik singkong pedas lainnya hanya mengandalkan tingkat kepedasannya, Yana mencoba menciptakan keripik singkong yang renyah dengan aroma daun jeruk yang cukup kuat.