BATIK GASIK KHAS GARUT

Setiap daerah tentu memiliki motif batik tersendiri. Lain daerah pasti lain lagi mode batik yang ditawarkan. Sejak dikukuhkanya batik menjadi harta kekayaan dunia dari UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, sebagai warisan asli Indonesia, banyak orang memburu batik untuk keperluan pribadinya.

Hal ini merupakan sebuah peluang usaha yang sangat baik, mengingat batik tidak hanya disukai oleh masyarakat dalam negeri saja. Kini masyarakat luar negeripun menyukai batik untuk dikenakan, tentu hal ini membuat bangaa sebagai warga Indonesia pemilik hak paten dari batik.

Salah satu Batik  yang seringkali dicari orang adalah batik khas dari Garut. Ai Hendrayani wanita asgar (asli Garut) ini merupakan pengusaha baju batik khas Garut. Ia menjajakan aneka baju dengan motif batik khas Garut.

“Saya memilih batik khas Garut karena memang motifnya unik dan layak dibanggakan oleh masyarakat Sunda,” katanya.

Bagi Ai, menggunakan batik sebagai motif utama produknya merupakan kebanggan tersendiri. Hal itu dikarenakan secara tidak langsung ia memasarkan batik ke dunia luar melalui jejaring sosial miliknya.

“Selain saya memiliki toko sendiri bernama Gasik, saya menjual produk saya melalui media sosial seperti twitter atau facebook,” ungkapnya.

Kini dengan nama ‘Batik Garutan’, Ai telah banyak mengeluarkan aneka produk yang digemari oleh pembelinya. Awalnya usaha tersebut ia miliki karena orang tuanya yang juga merupakan pedagang baju batik. Selain itu, lingkungannya yang di dominasi oleh para pedagang memberikan pengaruh tersendiri terhadap pilihan Ai.

Untuk menambah daya saing bisnisnya Ai, mengikuti program pencetakan 100.000 wirausaha baru Jawa Barat melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro kecik dan Menengah (Dinas KUMKM) Provinsi Jawa Barat. Di sana ia mendaptkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat bagi keberlangsungan usahanya.

“Banyak manfaat yang bisa saya raih di Dinas KUMKM, disana saya bisa mendapatkan banyak saudara dan relasi yang baik bagi pertumbuhan bisnis saya,” katanya.

Selain pakaian batik, Ai juga menyediakan interior bagi pelanggannya seperti tirai tentunya dari bahan bahan yang berasal dari lokal. Kini Ai dapat mengantongi omzet sekitar Rp 50 juta dalam sebulan, sebuah pencapaian yang luar biasa bagi usahanya yang terbilang baru menginjak empat tahun.

Bagi yang ingin membeli batik Garut produksi Ai, bisa menghubungi 085352217900. Maka akan langsung disapa oleh Ai, jangan lupa langsung order pesanan. Dijamin puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Batik Garutan milik Ai.